Inspirasi Usaha dari Obyek Budaya Lokal

   Budaya lokal atau budaya tradisonal dapat dikelompokan menjadi 2 yaitu budaya nonbenda dan artefak /objek budaya. Contoh budaya non benda adalah pantun, cerita rakyat, tarian, senjata dan lain sebagainya. Dalam kehidupan sehari hari, budaya nonbenda dan artefak tidak dapat dipisahkan melainkan sudah menjadi satu kesatuan dalam objek budaya lokal. 

   Dalam sebuah tarian tradisional yang termasuk objek budaya lokal dapat menjadi sebuah ritual upacara adat  menggunakan pakaian tradisional dan diiringi oleh musik tradisional merupakan kearifan sendiri dalam sebuah objek budaya lokal. Sebuah contoh adalah Tari Belian Bowo, dari Suku Dayak Benuaq, awalnnya merupakan sebuah upacara adat yang bertujuan untuk mengibati orang sakit. Setekah diaadaptasi menjadi sebuah tarian, tari ini sering dibawakan pada acara penerimaan tamu dan acara kesenian, dan saat diadakan tarian ini masih terdapat peran penyembuh dan pembantunnya dan orang yang sakit.




  •    Gambar tarian belian bowo

   Berbagai macam kebudayaan lokal kita dapat menjadi sebuah sumber inspirasi objek budaya lokal. Karena pada dasarnya setiap jenis budaya baik nonbenda maupun artefak/objek budaya dapat menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan produk lokal. Setiap daerah dapat mengembangkan kerajinan khas daerah yang mengambil inspirasi dari budaya tradisi daerahnya masing-masing. Bagaimana di daerah sobat? Pasti didaerah sobat punya budaya tersendiri. Kekayaan budaya indonesia adalah kearifan lokal yang dapat menjadi inspirasi objek budaya lokal yang tiada habisnya. 

  Jadi sekarang bagaimana cara kita untuk mengembangkan dari inspirasi objek budaya lokal menjadi sebuah wirausaha??
Sebenarnya banyak sekali untuk menentukan dar inspirasi objek budaya lokal kita dapat mengembangkan sebuah tradisi menjadi sarana pertunjukan untuk memperoleh penghasilan atau kita dapat membuat kerajinan dari inspirasi objek budaya lokal yang ada di daerah kita.





   Sekian artikel ini saya buat semoga dapat menginspirasi sobat:')